Portal Yang Berbagi Informasi Tentang Pengetahuan dan Ilmu

Ikhtisar - Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Hewan

by Fikri , at 9:20 PM , have 1 comment
Pengetahuan Olandsky akan berbagi salah satu pelajaran Biologi yang berjudul Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Hewan. Langsung saja berikut ini adalah 8 point yang sudah saya rangkum tentang Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Hewan :

  1. Jaringan (tissue) berasal dari bahasa latin yang berarti 'tenunan'. Menurut ahli histologi, jaringan hewan meliputi jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan syaraf, dan jaringan otot.
  2. Menurut lapisan penyusunnya, jaringan epitel terbagi atas antara lain epitel pipih selapis, epitel pipih kubus berlapis banyak, epitel kelenjar, dan epitel transisi.
  3. Fungsi jaringan ikat antara lain dapat melekatkan konstruksi antar jaringan, membungkus organ, menghasilkan energi, menghasilkan sistem imun, dan mengisi rongga-rongga di antara organ.
  4. Jenis jaringan pengikat meliputi jaringan ikat sebenarnya, jaringan tulang rangka, jaringan darah dan limfa..
  5. Jaringan saraf tersusun oleh sel-sel saraf yang disebut neuron. Sel saraf memiliki bagian utama yaitu badan sel (perikarion) dan penjuluran sitoplasma(prosesus) yang teridir dari dendrit dan neurit (akson).
  6. Pada tubuh vertebrata, jaringan otot dibedakan menjadi tiga, jaringan otot rangka, jaringan otot polos, dan jaringan oto jantung.
  7. Tubuh vertebrata tersusun atas organ dan organ berkumpul akan membentuk sistem organ dengan fungsi tertentu.
  8. Salah satu teknologi yang digunakan untuk mengganti fungsi organ tubuh yang rusak yakni melalui tranplantasi organ. Organ yang ditranplantasikan misalnya kulit, ginjal, jantung, dan pembuluh darah.


Sekian dari saya Mochammad Fikri yang menuliskan artikel yang berjudul Ikhtisar - Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Hewan. Semoga anda dapat memahami tulisan diatas dan menjadi referensi untuk anda belajar Biologi. Terima kasih sudah berkunjung.
Ikhtisar - Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Hewan
Ikhtisar - Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Hewan - written by Fikri , published at 9:20 PM, categorized as Biologi . And have 1 comment
Next Older Post
1 comment Add a comment

Silahkan berkomentar dengan baik. Komentar anda sangat diperlukan untuk perkembangan Blog ini. Gunakan lah OPEN ID. Komentar disini tanpa kode verifikasi. Baca juga Posting lain | Daftar Isi

Cancel Reply
GetID

© Matematika

© Fisika

© Kimia

Copyright ©2013 Pengetahuan Olandsky
-->